PSIM ke PSS: Si Penyebrang

Jatmiko - Zaenuri - Dedi Setiawan - Kahudi - Ady Pranugroho - Sutaji - Budiono
Atas searah jarum jam: Jatmiko – Zaenuri – Dedi Setiawan – Kahudi – Ady Pranugroho – Sutaji – Budiono (arsip: bawahskor)

 

Sebuah idiom berbunyi, “Pemain boleh datang dan pergi, kita tetap di sini mendukung tim kesayangan!”

Musim ini akan terasa berat bagi PSIM. Arsitek tim musim lalu, Seto Nurdiantoro hengkang menuju PSS Sleman. Asisten Seto musim lalu,Erwan Hendarwanto didapuk sebagai pelatih kepala. Erwan dibantu oleh Didik Wisnu dan Drs. Subagyo Irianto.

Seto tidak hengkang sendiri, beberapa pemain direkomendasikannya untuk dikontrak tim Elang Jawa. Tulus Saptianto, Eko Pujianto, Agung Andriy dan Oya Winaldo kemungkinan merapat ke ‘utara’. Tiga pemain kecuali Eko P. Sebelumnya terlihat dalam latihan rutin PSIM menjelang turun berlaga di ISC B. Hal ini jelas mengganggu persiapan tim terlebih komposisi musim ini PSIM jauh lebih sederhana atau lebih tepatnya seadanya.

Menarik jika mengamati kepindahan pemain PSIM ke PSS. Setidaknya ada delapan pemain PSIM menyeberang menuju ke ‘utara’:

Dedi Setiawan
Pemain jebolan PSIM Suratin dan Pra PON DIY memperkuat PSS Sleman pada musim 2001. Dedi mencicipi karir bersama PSIM sejak tahun 1992. Sempat memperkuat Pelita Jakarta selama satu musim, Dedi kembali ke PSIM pada tahun 1999. Pasca PSIM degradasi 1999/2000, Dedi menyebrang ke PSS.

Jatmiko
Gelandang PSIM era Liga Dunhill 1994/1995 memperkuat PSS satu musim setelahnya. Partai menarik ketika PSIM bertemu PSS di 10 Besar Divisi Utama, Jatmiko bertemu PSIM tim yang dibelanya musim sebelumnya. Bisa dibilang Jatmiko hanya memperkuat PSIM dan PSS.

Ady Pranugroho
Gelandang berbakat asal GAMA ini merupakan jebolan kompetisi Liga Remaja. Ady yang berkuliah di FE UGM menjadi andalan PSIM pada musim 1999/2000. Pemain asal Pati ini pernah mengikuti seleksi Timnas Pra Olimpiade.

Sutaji & Zaenuri
Kedua pemain ini datang ke PSIM sepaket pada musim 1997/1998. Mereka berasal dari Sidoarjo. Keduanya pernah memperkuat Persebaya Surabaya. Pada musim 2001, kedua pemain ini juga pernah memperkuat PSS Sleman.

Bambang Sumantri
Bogel panggilan akrab dari Bambang Sumantri pemain asal Jawa Timur. Berposisi sebagai full back kanan, Bogel berduet dengan Sudarmaji yang bermain di posisinya sebaliknya. Bogel adalah penentu kemengan PSIM atas PSS kala bertemu tahun 1996. Musim 2001, Bambang Sumantri memperkuat PSS bersama eks PSIM lainya seperti Zaenuri dan Sutaji

Kahudi Wahyu
Kahudi mungkin sangat dikenal sebagai pemain PSS. Namun jangan salah, Kahudi adalah produk PSIM remaja. Kahudi memperkuat PSS pada musim 2001.

Budiono
Pemain tengah asal Blora ini bisa dibilang langganan bagi PSIM. Datang pada tahun 1996/1997-1997/1999, 2000/2001. Bodong panggilan akrab memperkuat PSS pada 2001/2002, kemudian pada musim 2003, dia kembali merapat kembali. (DM)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s